50 Tujuan Wisata Menakjubkan untuk Dikunjungi di Bulan Desember

50 tujuan wisata ini menarik untuk dikunjungi untuk liburan Desember anda dan keluarga atau pasangan karena cuacanya yang cukup bersahabat, cukup sejuk tidak terlalu dingin pun tidak terlalu panas.   

1.       SPANYOL 

Bagi Spanyol, Desember adalah bulan Natal. 
Ingin melihat dan merasakan suasana perayaan natal yang meriah? 
Datanglah kesini. 

Anda akan disuguhi dengan suasana meriahnya natal di setiap sudut kota. 
Jalan-jalan, toko-toko, pasar dan pusat perbelanjaan 
yang dihias sedemikian rupa 
dengan kerlip lampu aneka warna menciptakan kesan tak terlupakan. 

Jalan - jalan di Gran Via adalah salah satu tempat yang sangat ramai 
dikunjungi turis mancanegara 
demi melihat dekorasi lampu di sepanjang jalannya 
yang didesain begitu kreatif dan unik. 

Untuk menikmati anggur yang eksklusif dan Tapas, 
anda bisa mampir di Mercado de San Anton.  

Spanyol adalah salah satu negara terhangat di Eropa. 
Musim dingin di sini lebih sejuk tapi tetap wajib sedia baju hangat dan jaket. 

Arsitek Spanyol, Gaudi, dengan karya-karya masterpiece-nya 
adalah kebanggaan Spanyol. 

Ia, dengan karya desain luar biasanya memperindah Barcelona dengan gedung-gedung yang indah, seperti La Sagrada Familia, sebuah gereja katolik romawi.             

2.       MEKSIKO 

Meksiko adalah negara yang penuh dengan sinar matahari yang cerah memancarkan keindahan alamnya yang memukau dengan pantai-pantai berpasirnya yang mempesona. 

Selain itu, Meksiko juga kaya dengan warisan budaya. 
Suhu di Meksiko tergantung pada lokasinya, 
cuaca lebih hangat dapat dirasakan di area pantai sementara di daratan semakin jauh dari pantai suhunya terasa lebih sejuk dingin. 

Di ibukota Meksiko, Mexico City, adalah salah satu destinasi atraksi turis terbaik. 
Tempat-tempat yang bisa anda kunjungi di sini adalah 
tempat-tempat bersejarah seperti 
The Metropolitan Cathedral dan The National Palace and Chapultepec Park

Cancun disebut-sebut sebagai Paradise on Earth atau surganya dunia. 
Berjarak sekitar 14 mil dari pantai, kota ini berbentuk angka 7 yang unik 
dan menimbulkan aura mistis bagi sebagian kalangan.  

Cuaca sepanjang Desember secara keseluruhan di Meksiko adalah 
sejuk dan kering, 
sehingga cukup nyaman untuk menghabiskan libur akhir tahun di sini.          

3.       REPUBLIK DOMINIKA 

Republik Dominika adalah bagian dari Karibia yang masyhur akan destinasi pantainya yang menakjubkan dan terjangkau. 

Bentangan alam dengan keindahan yang begitu memukau membuat negara ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata favorit dunia. 

Cuaca di negara ini berbeda-beda di beberapa bagian. Sepanjang Desember, cuacanya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, namun tidak hanya di bulan Desember saja tapi hampir sepanjang tahun, pantai-pantainya selalu dipenuhi oleh turis asing maupun lokal. 

Santo Domingo, salah satu kota tertua, adalah mutiara bagi negara ini karena perpaduan keindahan dan budayanya. 

Bagi pecinta seni ada 3 tempat yang patut dikunjungi yaitu Museum of Modern Art, Palace of Fine Arts dan National Palace

Untuk mencari barang-barang seni kerajinan dan barang-barang unik lainnya anda bisa mengunjungi La Romana.         

4.       MESIR 

Negeri ini masyhur akan kekayaan sejarahnya yang panjang dan penuh kisah mistis. 

Deretan artefak kuno, piramida dan kuil-kuil pemujaan yang jumlahnya tak terhitung adalah aset negara yang menjadikan negara ini sebagai destinasi wisata sejarah bagi pecinta sejarah kuno. 

Sebagai pemilik salah satu Keajaiban Dunia Kuno, yaitu Piramida, Mesir juga selalu ramai akan turis asing dari berbagai belahan dunia yang datang hanya untuk melihat bentangan gurun pasirnya yang mistis, untuk ber-scuba diving dan merasakan serunya olahraga petualangan. 

Mesir yang sebagian besar adalah area bergurun memiliki cuaca yang kering dan cenderung hangat karena sinar matahari hadir di sepanjang tahun.  

Kalau sudah datang ke Mesir, jangan sampai tidak mampir ke Aswan. Terletak di sisi sungai Nil, kota ini memiliki enerji yang terasa begitu damai dan menenangkan saat mengunjunginya.     

5.       JAMAIKA 

Jamaika adalah negara Karibia yang kesohor akan kehidupan malamnya, petualangan dan pulaunya yang indah memukau.

Pantainya yang biru jernih dengan batu karangnya yang indah, alam pegunungan yang menggelitik naluri petualangan dan hutan hujannya, semuanya itu adalah alasan mengapa Jamaika tak pernah sepi pelancong yang datang dari berbagai belahan dunia. 

Cuaca di bulan Desember hangat agak panas  meski kadang-kadang hujan juga dan agak lembab, meskipun begitu turis asing kerap betah berlama-lama di sini. 

Pantai Unanimous Nergil adalah mutiara Jamaika yang membentang hingga 7 mil panjangnya.

Pantainya yang biru jernih menantang anda untuk berolahraga air atau menyelam ke dalamnya. 

Wisata petualangan lainnya adalah menyusuri Sungai Martha Brae dengan rakit bambu dan anda bisa melihat kekayaan habitat flora dan fauna di sekeliling sungai ini.                   

6.      GOA, INDIA 

Goa adalah harmoni serasi antara kecantikan dan keseruan. 
Keseruan yang sesungguhnya ada di sini. 

Kehidupan malam yang tak pernah tidur dan olahraga air yang memicu adrenalin ada di sini.  

Cuaca di Goa selama Desember adalah moderate, tidak panas maupun dingin meskipun temperatur rata-rata berkisar antara 22-33 derajat. 

Pantai Calangute yang juga dijuluki sebagai “Ratu Pantai” membentang hingga sepanjang 15 km di Panaji adalah pantai terbesar yang cantik. 

Selain itu ada juga Pantai Palelom yang ramai dikunjungi turis asing karena keindahannya.     

7.       FILIPINA 

Negara Asia ini sukses menarik jutaan turis asing per tahunnya untuk mengunjungi kurang lebih 7100 gugusan pulaunya yang indah. Memiliki ribuan pulau dengan garis pantai yang panjang membuat negara ini selalu ramai turis asing yang tertarik untuk menjelajah di setiap sudut pulau dan pantainya.  
Cuaca di bulan Desember umumnya kering. 

Pulau Borocay dengan pantainya yang indah di Provinsi Aklan memiliki pasir keemasan dan pemandangan matahari terbenamnya sungguh menyihir siapapun yang melihatnya. 
Destinasi wajib kunjung lainnya adalah Pulau Siargao yang tak pernah sepi dari para peselancar dan terkenal karena memiliki ombak selancar yang lazim disebut “cloud9”. 
Inilah yang membuat tempat ini menjadi tempat wajib bagi para peselancar berkumpul.               

8.       KOLOMBIA 

Negara ini terkenal akan warisan sejarah dan budayanya yang membuat Kolombia menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di benua Amerika. Matahari hampir tak pernah absen di sepanjang Desember membuat cuacanya jadi agak hangat. Desember adalah adalah musim puncak dimana sebagian besar turis asing datang pada bulan ini untuk mengisi liburan akhir tahun mereka. Bogota, ibukota Kolombia, adalah yang paling ramai turis karena keunikan budaya dan kehidupan malamnya yang senantiasa semarak.  
Kolombia memiliki garis pantai yang membentang lebih dari 990 mil dan memiliki lebih dari 300 pantai yang menarik untuk dijelajahi.   

9.       PERU 

Peru terkenal akan kekayaan flora dan faunanya yang beraneka ragam. Bulan Desember adalah musim hujan dengan banyaknya curah hujan yang membuat suasana berlibur di pantainya jadi terasa romantis.

Di sinilah situs reruntuhan Inca pra-Columbus Machu Piccu yang fenomenal berada. Berada di atas lembah Urubamba dengan ketinggian sekitar 2350 m di atas permukaan laut dengan hutan hujan yang lebat disekelilingnya membuat situs bersejarah ini begitu spektakuler dan fenomenal. 

Menyusuri jalanan di Cusco tak ubahnya seperti berada di museum. Cusco adalah harta arsitektur yang berharga karenanya ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Kota ini memiliki banyak museum dan gedung dengan arsitektur kuno yang anda wajib mampir kalau kebetulan jalan-jalan ke Peru.

10.   MAURITIUS 

Mauritius adalah anugerah Tuhan. Mauritius adalah bentangan alam maha indah yang lengkap dengan rerimbunan hijaunya yang lebat, air terjun, pegunungan yang menjulang indah  hingga pantainya dengan pasir putih dan ombaknya  yang biru. Tuhan sedang tersenyum saat menciptakan tempat ini. Begitu orang bilang. 

Bulan Desember adalah musim panas di Mauritius setelah itu baru musim hujan. Dengan temperatur suhu 23-25 derajat, tempat ini terasa agak dingin dan sejuk. Mauritius Botanical Garden adalah  kebun raya seluas 37 hektar yang berlokasi di Port Louis adalah salah satu destinasi turis yang paling populer di negara ini. Tempat lainnya lagi yang menjadi favorit turis asing adalah Ile Aux Cerfs Island, merupakan pulau yang terkenal karena pantai pasir putihnya dengan laguna-nya yang indah. Keindahannya membuat pulau ini masuk dalam jajaran pulau dengan pantai terindah di dunia.  

COSTA RICA 

Costa Rica yang eksotik adalah salah satu negara di benua Amerika dengan jumlah destinasi wisata yang cukup banyak. Sebagian besar adalah pantai tropisnya yang ombaknya seru untuk berselancar dan wisata alam faunanya yang eksotik. Cuaca di bulan Desember cenderung tak dapat diprediksi dengan pasti. Kadang hujan terus menerus atau malah kering. Namun tak sedikit yang bilang bahwa Desember adalah waktu terbaik untuk mengunjungi negara ini. 

Manuel Antonio National Park adalah taman nasional dengan aneka ragam hayati dan fauna yang unik eksotik. Monteverde Cloud Forest Reserve adalah hutan cagar alam yang merupakan rumah bagi lebih dari 3000 spesis tanaman dan hewan yang menarik bagi para pecinta alam untuk menjelajahinya.      

CHILE/ CHILI

Terletak di bagian tenggara Amerika Selatan, Chile memiliki bentangan alam yang indah luar biasa dengan banyak lokasi wisata yang menakjubkan. Hutan pegunungan dengan tebing-tebing terjal dengan air terjun yang turun dari sisi-sisi tebingnya menciptakan pesona yang menggetarkan hati.   Terkenal dengan gugusan pegunungan Andes dan berada di pinggir Samudera Pasifik Selatan, Chile memiliki garis pantai memanjang dari utara ke selatan dengan pantai-pantainya yang menakjubkan. Banyak turis asing datang hanya untuk melihat glasier-nya yang spektakuler.

Chile bagian selatan didominasi dengan hutan, padang rumput, beberapa  gunung berapi dan danau. Pesisir selatan-nya adalah labirin fyord, kanal, ceruk, semenanjung yang berliku dan kepulauan.

Cuaca di bulan Desember adalah musim panas yang hangat dan kering tapi justru menjadi waktu yang tepat untuk menjelajah hutan atau berjemur di pantainya.

Destinasi unik yang bisa anda datangi di Chile adalah 12 danau dengan ukuran yang berbeda-beda di Lake District. Di sini anda bisa menjelajahi danau dengan naik rakit atau bagi penyuka olahraga air ada olahraga dan permainan air di sini.

Valparaiso adalah kota paling makmur di Chile merupakan kota pelabuhan air yang unik dan indah untuk dinikmati saat sore menjelang. Anda bisa menikmati menatap sinar matahari terbenam di teras hotel anda sambil menikmati secangkir teh atau kopi khas Chile.

Chile adalah negara yang sangat menghargai seni dan kebudayaannya, ini terlihat di ibukotanya, Santiago, dimana anda bisa mengunjungi beberapa galeri seni kontemporer dan bersejarah terbaik di Amerika Selatan, seperti Museum Nasional Seni Rupa Chili (Museo Nacional de Bellas Artes) dan Museum Seni Pra-Columbus Kolombia (Museo Chileno de Arte Precolombino)

AFRIKA SELATAN 

Inilah Afrika Selatan saat ini. Banyak orang berdatangan dari penjuru bumi hanya untuk melihat Afrika Selatan yang sudah maju dan berkembang. Sebuah kota cantik tertata rapi dan indah telah terbentuk di tepi pantainya.  Cuaca di bulan Desember  cenderung mild di kisaran 30 derajat namun agak lembab. Kadang hujan dengan kelembaban cukup tinggi. 

Kruger National Park adalah taman nasional tempat bernaungnya hewan-hewan liar seperti singa, badak dan gajah afrika. Tempat eksotik lainnya yang bisa bikin anda berdecak kagum adalah The Cape of Good Hope. Tanjung Harapan ini adalah ‘mother nature’ yang membuat anda sejenak lupa akan megahnya gedung-gedung perkotaan. Raksasa agung yang mendamaikan hati. Kota-kota besarnya adalah KwaZulu-Natal, Johannesburg dan Town of Soweto.          

LAOS 

Tahukah anda kalau Laos memiliki surga petualangan yang memikat para pecinta alam sejati untuk menjelajahi hutan pegunungannya yang unik dan eksotik. Cuaca di bulan Desember cukup bersahabat jadi jangan khawatir untuk datang berwisata di bulan ini. 

Dengan bentangan alam bukit-bukit pegunungan kapur yang subur dengan aneka hayati yang menutupi permukaannya, Laos memiliki air terjun dan gua-gua alam yang tersembunyi di dalam bukit-bukit pegunungan kapurnya. 

Air terjun yang jatuh dari sisi tebing pegunungan (tersembunyi di antara lebatnya hutan tropis) menciptakan pemandangan yang spektakuler seperti yang bisa anda saksikan di Pakse dan Phonsavan dengan kuil Buddha di sisi sungai menciptakan pemandangan yang membuat decak kagum. 

Tempat menarik lainnya yang bisa anda kunjungi adalah Vang Nieng dan kalau anda suka serunya kehidupan malam anda bisa habiskan malam di Savannakhet.

ARGENTINA  

Berbatasan dengan Chile dan Uruguay, Argentina memiliki destinasi wisata beragam  mulai dari danau glasial, hutan sampai pegunungan raksasa Andes. Cuaca di bulan Desember terbilang sangat dingin, wajib bawa pakaian hangat apalagi kalau ingin beraktifitas di luar ruangan.  Di sini anda bisa melihat keunikan kompleks pemakaman La Recoleta Cemetery di Buenos Aires dimana beberapa tokoh penting dunia dimakamkan di sini yaitu : Evita Peron, Isabel Walewski Colonna dan beberapa mantan presiden Argentina.  

Air terjun Iguazu dan riuhnya kota Buenos Aires adalah destinasi wisata yang patut anda nikmati di Argentina. Los Glaciares National Park adalah taman nasional iklim dingin dimana anda bisa menyaksikan es dan salju yang bergantung di pucuk-pucuk dedaunan dan menyelimuti pepohonan. Kalau anda ingin menikmati dance, wine dan karya seni nasional anda bisa datang ke La Boca

THAILAND 

Negara asia ini terkenal dengan pantai Pattaya, Ko Samui dan Phuket dengan kemilau airnya yang biru jernih. Memiliki iklim tropis, cuaca di sepanjang Desember rata-rata bersuhu 30 derajat meskipun begitu tetap terasa sejuk. Di jalan - jalan ibukotanya, Bangkok, anda bisa menemui aneka kuliner beraneka ragam, buaya panggang misalnya. Kuil dan candi budha-nya memiliki sejarah panjang yang mengagumkan, seperti Wat Arun, Wat Pho dan Wat Phra Laew

Koh Phangan terkenal dengan riuh rendahnya pesta malam hingga menjelang pagi.  Lalu ada Phang Nga Bay yang merupakan jajaran pegunungan yang mempesona.         

KAMBOJA 

Kuil-kuil kuno dengan sejarah panjangnya adalah andalan destinasi wisata di negara asia ini misalnya Angkor-Vat adalah tempat yang wajib anda kunjungi saat anda berada di negara asia ini. Kemegahan bangunan kuilnya memancarkan kekaguman yang mistis bagi siapapun. Cuaca sepanjang Desember sejuk, berangin dengan kelembaban yang rendah dan sinar matahari sepanjang hari dengan suhu rata-rata 25 derajat. 

Tonle Sap, Battambang dan Kampot adalah destinasi yang seru bagi petualang alam. Wisata alam seru lainnya adalah danau, sungai, kebun binatang hingga kuil-kuil kuno. Siem Reap adalah kota yang tak pernah tidur dari gemerlapnya lampu kehidupan malam lengkap dengan ragam kulinernya, meski begitu nuansa tradisionalnya tak lepas menyatu di dalamnya. 

Bagi pecinta pantai,  anda bisa menemui pantai dan pulau dengan taman nasional di Provinsi Sihanoukville.  Tiga tempat lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Kratie, Bantey Chmmar dan Smacch.     

 BRAZIL 

Brazil adalah surga pesta, gadis-gadis cantiknya, pantai, minum, semuanya berkumpul jadi satu di sini. Pantai-pantainya yang terkenal adalah Porto De Galinhas, Island of Fernando de Noronha, Taipus De Fora dan Lagoinha do Leste.  Menuju Rio de Janeiro anda akan dibuat kagum dengan jalan jalan di Cinelandia yang setelah direnovasi jadi terlihat begitu rapi dan cantik.   

 VIETNAM 

Cuacanya cukup bersahabat sepanjang tahun, namun di Vietnam Selatan ada pantai dengan cuaca yang sejuk. Di Hanoi dimana terdapat kuil Bach Ma, juga pasar Dong Xuan yang hampir tak pernah sepi dan opera house neo klasik Hanoi.  Destinasi wisata menarik lainnya adalah Sa Pa, ha Long Bay dan Hoi An, yang merupakan tujuan bagi para pecinta alam. 

Di Con Dao anda bisa menyaksikan kura kura berukuran raksasa. Di Cat Tien National Park, anda bisa menyaksikan beberapa hewan unik seperti gibbon (siamang) dan langur, macan dahan, dan beruang madu. Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi sekitar 1610 spesis tanaman. Bagi penyuka makanan laut, anda bisa mampir ke Co-To District. Di sini aneka seafood bisa anda nikmati.     

 BELIZE 

Cuaca bulan Desember di pintu masuk kawasan Karibia ini cerah sepanjang hari. Dan Desember adalah waktu terbaik untuk mengeksplorasi Belize yang pesona alamnya begitu mengagumkan.  Di sinilah anda bisa menyaksikan reruntuhan suku Maya kuno berada. Setelah itu anda bisa bermain-main di pantai pasir putih Placencia atau menyelam di kedalaman Western Hemisphere atau menjelajahi hutannya yang lebat. Kemudian ada desa pemancingan tradisional Hopkins village

Yang menarik dari desa ini adalah dikelilingi oleh pesisir laut Karibia yang biru dan pegunungan hijau yang berkabut.  Anda akan disambut dengan ramah oleh penduduk setempat.           

 DUBAI, UAE 


Suhu sepanjang Desember di kisaran 26 derajat Celcius yang terasa tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin juga. Burj Khalifa adalah menara pencakar langit dengan sejuta pesona. Untuk menyaksikan bagaimana uniknya sebuah karya arsitektur kuno anda bisa melihat Bastakia yang juga dianggap sebagai Dubai Kuno. Di sini anda akan berdecak kagum bagaimana gedung-gedungnya dibangun dengan struktur yang sedemikian rupa dengan tujuan untuk memerangkap udara dan berfungsi seperti sebuah mesin pusat pendingin air bekerja. Rasakan juga serunya melihat modernnya Dubai dari atas langitnya dengan mencoba Skydive Dubai. Atau merasakan sensasi gurunnya dengan melakukan perjalanan Dubai Desert Safari.             

 INDONESIA 

Dunia luar hanya tahu bahwa Indonesia adalah Bali! Padahal Indonesia tidak hanya Bali, namun merupakan sekumpulan 17,000 pulau tropis dengan keberagaman budaya yang unik dan menarik. Bali hanya salah satunya! Aneka olahan makanan dengan cita rasa yang beragam yang tidak akan ditemui di negara manapun kecuali di Indonesia. Desember adalah dimana hujan turun hampir sepanjang hari. Udaranya yang biasanya agak panas di kisaran 32 derajat celcius mendadak sejuk adem. Jakarta sebagai ibukotanya saat ini adalah surga fatamorgana dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Tanpa melupakan sejarah Jakarta yang sudah difungsikan sebagai kota pusat kendali VOC sejak zaman penjajahan Belanda adalah sebuah kota tua penuh sejarah. Di sudut-sudut kotanya anda masih bisa melihat aura kota tua dengan bangunan-bangunan berarsitektur kuno dan museum-museum yang menceritakan bagaimana kota tua ini telah melewati perjalanan waktu yang penuh dengan pergulatan, darah dan airmata. 

Untuk merasakan suasana abad 18, anda bisa mengunjungi kesultanan Jogja di Yogjakarta. Berkunjung ke kesultanan Surakarta anda bisa melihat peninggalan istana yang sudah melewati sejarah panjang  yang mewarnai lahirnya negara Indonesia. Di sini anda bisa membeli kain batiknya sebagai souvenir untuk anda bawa pulang.      

 GUATEMALA 

Guatemala seperti hamparan surga di bumi. Desember adalah bulan terbaik mengunjungi negara cantik ini karena suhunya normal sepanjang bulan ini. Reruntuhan Tikal suku Maya adalah salah satu situs arkeologi yang substansial di Amerika Tengah. Terletak di tengah belantara hutan di antara keriuhan suara burung, monyet dan hewan-hewan lainnya adalah sebuah keindahan yang damai sekaligus mistis. Di Antigua, jalan-jalan berbatu bersanding harmonis dengan gedung-gedung kolonial kuno. Masih terlihat bekas retakan bekas tanda gempa bumi yang cukup besar di beberapa gedungnya.           

 FIJI

Fiji adalah berkah Tuhan atas 333 pulau tropisnya yang indah, beberapa masih kosong tanpa penghuni. Suasana tradisional masih mewarnai sebagian besar negara kepulauan ini. Untuk mendapatkan suasana perkotaan yang modern bisa anda temui di kota Nadi dan Jet

Sepanjang Desember cuaca di Fiji menyenangkan dan sejuk. Merupakan waktu terbaik untuk menghabiskan liburan di Fiji pada saat ini. Vanua Levu adalah  pulau terbesar kedua di Fiji. Di sini anda bisa merasakan serunya wisata petualangan. Taveuni  dikenal sebagai Pulau Kebun dengan lingkunan eco-tourists dimana anda bisa menyaksikan aneka tanaman endemik khas pulau.     

 SELANDIA BARU

New Zealand atau Selandia Baru adalah bentangan alam yang elok dengan perbukitan, pegunungan, laut dan pantai yang melenakan hati. Keelokan alamnya adalah sebuah keajaiban alami bagaimana alam begitu ramah menyapa manusia. Semua wisata alam yang anda mau ingin saksikan ada di sini mulai dari puncak pegunungan bersalju, teluk yang gemerlap dengan lampu-lampu kota pinggir pantainya, gletser pesisir, fjords, hingga hutan hujan dan sungai penuh ikan. 

Desember dianggap sebagai bulan paling hangat dalam kalendar New Zealand. Bay of Islands yang indah adalah tujuan wisata paling disenangi para turis asing. Teluk ini adalah surganya yachting untuk berlayar. Menjelajahi Kerikeri adalah agenda wajib kalau Anda datang ke sini. 

Aoraki adalah tujuan wisata favorit lainnya bagi para penjelajah pegunungan, di sini juga merupakan habitat alami bagi sekitar 300 spesis tanaman dan hewan. Bagi anda penyuka alam liar, di sini anda bisa menikmati naik gunung, Heli-skiing, tur laut sekaligus berburu.

 MALDIVES/ MALADEWA 

Terkepung birunya lautan India, Maldives adalah surganya bagi pecinta pantai. Sebut saja pantai-pantai yang molek seperti Maamingili, Hithadhoo, Gan, Guraidhoo dan Huraa. Maldives atau Maladewa adalah sekumpulan pulau di South East Asia, persis terletak di tengah birunya Samudera India. 

Inilah destinasi liburan yang berada di urutan teratas dari semua liburan pantai di seluruh dunia. Saat berada di sini rasakan sensasinya berada di tengah kepungan air biru nan indah bak tersesat di surga.

Desember adalah saatnya hujan turun hingga menginjak akhir Desember hujan mulai jarang dan berganti dengan musim panas.  Male (Maa-Lay) sebagai ibukota Maldives adalah kota modern dengan gedung-gedung tingginya yang indah dan unik dengan pemandangan laut biru dan karang mengelilingi kotanya. Mau seru-seruan di sini anda bisa menuju Vilamendhoo untuk scuba diving bareng hiu paus dan menjelajah karang demi karang. 

 AUSTRALIA 

Inilah surga bagi penjelajah alam terbaik dunia. 1 minggu terlalu singkat,Anda butuh waktu setidaknya 2 minggu untuk mengeksplorasi benua ini. Desember adalah bulan yang tepat untuk menghabiskan libur panjang akhir tahun di sini karena cuacanya yang tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin.  Sudah jauh-jauh menyeberang lautan sayang kalau anda tidak mengunjungi pertanian anggur terbaik di Australia, Wines’ Home Swan Valley, yang memiliki hingga 40 kebun anggur. The Swan Valley Visitor Centre di Guildford akan membuat perjalanan liburan anda jadi menyenangkan dan tak terlupakan. 

 IVORY COAST/ PANTAI GADING 

Pernah mendengar Ivory Coast? Ivory Coast adalah Pantai gading atau Cote d’Ivoire. Terletak di Afrika Barat dengan Teluk Guinea di sebelah selatan, Pantai Gading atau Ivory Coast terkenal terutama bagi turis Perancis karena hutan hujannya dan pantainya yang indah. Karya seni lokal dan udaranya yang segar adalah kelebihan yang membuat turis asing betah berlama-lama di sini. Kalau anda tidak suka berlibur dalam guyuran hujan maka Ivory Coast cocok untuk anda untuk Desember yang kering di sini. Tinggallah di Tiagba dimana anda akan merasakan pengalaman yang berbeda dengan tinggal di rumah yang dibangun dari stilts

Satu destinasi yang jangan sampai dilewatkan adalah mengunjungi Museum Nasional di Abidjan. Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan koleksi artefaknya yang tersusun sedemikian rupa dari jaman batu hingga jaman modern mulai dari koin, berbagai alat, hingga lukisan dan gambar.     

 KUBA 

Dikenal sebagai daratan kepulauan, Cuba memiliki deretan koleksi arsitektur, museum dan patung-patung. Desember di Cuba adalah hari-hari yang cerah dengan sinar matahari menyinari sepanjang hari. Green Las Terrazas adalah area teras hijau dengan pemandangan kebun dan pegunungan yang membuat Cuba jadi terasa elegan. Resort dan air terjun-nya yang indah akan membuat anda betah berlama-lama di sini. Trinidad juga terkenal sebagai rumah alami tanaman tebu dimana tebu tumbuh subur di lembah-lembahnya.       

 MALAYSIA 

Malaysia adalah suku bangsa melayu yang terkenal menjaga adat istiadat dan budayanya yang kental bahkan hingga kini. Warga negaranya sedemikian menghormati dan menghargai peninggalan para pendahulunya pun taat beragama. Dengan suhu di kisaran 27 derajat celcius pada Desember, cukup nyaman untuk anda menghabiskan liburan akhir tahun di sini.

Berkunjung ke Langkawi, anda akan mendapati pesisir pantai yang indah dengan air sebening kristal.

Cameron Highlands atau dataran tinggi Cameron adalah bentangan perbukitan hijau yang indah sejuk dan merupakan perkebunan teh terbesar di Malaysia. Dataran tinggi inilah yang dianggap sebagai “truly Asia” atau sebenar-benarnya Asia.

Mengunjungi ibukotanya, Kuala Lumpur, anda bisa saksikan menara kembar Petronas atau Petronas Twin Towers yang menjulang tinggi sebagai identitas negeri jiran ini.  

 SINGAPURA 

Sebagai salah satu negara maju di Asia, Singapura sukses mengelola negaranya dalam berbagai bidang mulai dari perekonomian hingga pengelolaan sampah dengan tekhnologi paling mutakhir. Penduduk aslinya adalah suku Melayu yang bercampur baur secara damai dengan etnis India dan Cina. Awalnya adalah sebuah pulau kecil bernama Singapura kini menjelma menjadi sebuah negara maju yang disegani dengan ibukotanya, Kota Singapura, yang kini penuh dengan mall-mall perbelanjaan mewah, hotel-hotel mahal, ragam makanan dengan cita rasa rempah yang lezat dan semuanya berbaur menyatu dalam suasana modern dan tradisional yang ramah. Sungguh anda harus mampir ke Singapura untuk merasakan liburan yang menyenangkan, seru, ramah, tenang dan kondusif. 

Cuaca di bulan Desember adalah musim penghujan dengan frekuensi hujan yang sering. Dengan kelembaban yang cukup tinggi dan suhu sekitar 26 derajat celcius, anda sebaiknya bawa baju hangat dan persiapan seandainya jalan-jalan anda terganggu oleh turunnya hujan.         

Marina Bay adalah gedung yang spektakuler dengan lampu sorotnya dan kolam renang di atas gedungnya.

Universal Studios of Singapore adalah taman dengan wahana permainan untuk semua kalangan usia. Roller coaster-nya yang melaju kencang sambil berputar membuat keseruan anda menjadi momen tak terlupakan.

Destinasi wajib yang harus anda datangi saat berlibur ke sini adalah Aquarium laut dan Gardens yang didesain sedemikian rupa hingga membuat decak kagum yang tak habis-habisnya.  

  TASMANIA 

Menawan, mengundang, menakjubkan adalah kata-kata yang mewakili Tasmania yang eksotis. Meskipun hanya sebuah negara pulau yang tidak terlalu besar, Tasmania lengkap dengan wisata jelajah yang berpadu harmonis dengan kekayaan sejarahnya.  Di sini anda bisa menikmati pantainya atau hiking sambil melihat keunikan kehidupan alam liarnya sekaligus menikmati makanan tradisionalnya dan anggurnya.  Desember di Tasmania adalah udara terhangat untuk menikmati liburan dengan menjelajah alamnya.

Bridestowe Estate di Tasmania Utara adalah sepanjang mata memandang adalah hamparan kebun lavender. Saat bunga-bunga lavender bermekaran dan memenuhi kebun sungguh anda tak akan melupakan momen ini di sepanjang sejarah hidup anda.

Wineglass Bay adalah teluk kecil yang dikelilingi dengan air hijau dan pasir putih yang membuat anda seperti sedang merasa di tengah surga. Beberapa beranggapan kalau bagian selatan Tasmania memiliki bentangan alam yang karakteristiknya hampir sama dengan Hawaii.     

 SRI LANKA

Terkenal dengan tambang batu permatanya dan habitat alami gajah, Sri Lanka adalah sebuah negara pulau dengan pesona yang memanjakan mata. Sepanjang Desember, matahari bersinar cerah dengan suhu rata-rata di kisaran 30 derajat celcius, seru untuk jalan-jalan di pantainya. Pinnawala Elephant Orphanage adalah tempat pemeliharaan dan perlindungan bagi habitat gajah. Di sini gajah-gajah dimanjakan dalam lingkungan yang tenang dan aman untuk hidup dan berkembang. Dilengkapi dengan fasilitas lengkap, anda bisa melihat mereka bebas bermain-main atau mandi di sungai.

Adams Peak atau Puncak Adams adalah salah satu tempat paling indah di Sri Lanka. Turis mancanegara datang ke sini hanya untuk menikmati indahnya matahari terbit dari puncak Adams. Menatap indahnya bentangan alam dari atas puncaknya membuat anda dan kita semua tak hentinya bersyukur atas karunia Tuhan yang Maha Besar.   

 URUGUAY 

Uruguay dikatakan sebagai tempat terbaik bagi penyuka daging.  Cuacanya hangat sepanjang Desember, jadi yang mau ke pantai?? Ayo ke pantai. Los Dedos Playa Brava atau disebut juga dengan Beach of Fingers atau Pantai Jari adalah salah satu destinasi kebanggaan Uruguay. Pasirnya yang hangat dan berwarna keemasan sehingga membuat pasirnya seperti berkilauan saat tertimpa sinar matahari saat musim panas adalah daya tarik turis datang ke sini. Wisatawan yang menempelkan telapak tangannya ke pasir dan membuat cetakan 5 jari di pasir pasti akan berseru girang lalu tertawa adalah pemandangan yang menghibur dan membuatmu tersenyum kecil di sini.

Colonia del Sacramento adalah kota dengan tatanan arsitektur yang mirip dengan di Spanyol dan Portugal. Sacramento adalah kota tertua dengan sejarah arkeologis panjang yang juga menjadi tujuan utama turis datang ke Uruguay.

 YUNANI 

Yunani adalah negara yang terkenal dengan keunikan bangunan-bangunannya yang putih dan atmosfir yang tenang dan sejuk. Malam terasa sendu di sini. Penuh dengan sejarah panjang, Yunani masa kini adalah kota dengan kehidupan yang tak pernah tidur. Negara ini diberkahi dengan bentang alam pegunungan dan daratan yang menakjubkan. Udara dingin selama Desember jadi jangan lupa bawa jaket dan baju hangat.

Thessaloniki adalah kota budaya yang penuh dengan live event, konser dan kehidupan malam. Turkish bath, White Tower, pasar makanan dan galeri seninya adalah alasan turis datang ke sini.

Meteora adalah salah satu tempat terunik di dunia yang wajib anda lihat keunikannya dan memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi. Tempat ini dimaksudkan sebagai isolasi spiritual karenanya dinamakan ‘Meteora’ yang berarti ‘tergantung di udara’. Ya, tempat ini terletak 1200 kaki dari atas permukaan bumi.     

 BARBADOS 

Negara Karibia sejak dulu memang populer dengan keindahan gugusan pulau dan garis pantainya yang menciptakan pemandangan indah menakjubkan. Sempat dijajah Inggris, sisa-sisa kebudayaannya masih terasa hingga kini. 

Inilah salah satu destinasi terbaik dunia untuk berselancar dan menyelam. Suhu temperatur di bulan desember berkisaran antara 23 -29 derajat celcius. Cuaca yang cenderung dingin tetap tidak mengurangi hasrat para pelancong untuk menghabiskan libur akhir tahun di sini. Di hotel-hotel mewah di pinggiran Crane Beach yang populer, anda bisa melihat aktifitas selancar dan turis-turis sedang berjemur.

Yang cukup unik dan menarik dari negara ini adalah gedung parlemennya yang masuk dalam kawasan cagar yang dilindungi oleh UNESCO karena gaya arsitekturnya yang mewakili kekayaan budaya Barbados yang khas.                                

 EKUADOR 

Hutan hujan tropisnya yang eksotik, gunung berapinya yang agung menjulang dan bangunan gereja-gerejanya dengan gaya arsitektur yang khas adalah alasan yang membuat para turis datang ke sini. Para pencinta Rafting juga datang ke sini untuk ber-rafting di sungai Amazon yang dianggap sebagai lokasi rafting terbaik di dunia. Cuaca sepanjang Desember adalah masuk musim hujan. Kunjungi juga Quilotoa yaitu danau sedalam 250 m yang memiliki pemandangan indah. Berkunjung ke Quito, anda bisa menyaksikan katedral The Basilica of The National Vow dengan desain arsitektur gaya barok yang megah.    

 BAHAMAS 

Bahamas adalah surga tropis bagi pecinta pantai. Selain itu juga ada museum dan jalan – jalan-nya yang teratur di daerah berteluk ini asyik buat jalan-jalan sambil menikmati udara sore yang berangin. Suhu temperatur di negara ini berbeda di setiap daerahnya. Di Nassau suhu rata-ratanya adalah 22 derajat celcius. Sebagai kawasan tropis, sinar matahari tak pernah absen menyinari sepanjang tahun. 

Atlantis Paradise Island, sebagaimana namanya, bak sekeping kavling surga jatuh ke bumi adalah hamparan pantai biru nan indah dan hotel-hotel mewah di pesisirnya. Meski begitu hati-hati berenang di pantainya karena hiu dan ikan pedang kadang ikut berseliweran di sini. Nassau adalah salah satu dermaga paling populer di Karibia. 

 SEYCHELLES 

Masuk dalam kawasan negara Afrika Timur dengan atmosfir tropisnya rasanya seperti memasuki dunia fantasi yang eksotis. Yang membuat pantainya unik adalah batu-batu karang berukuran raksasa di pinggiran pantainya, pasir pantainya yang putih bersih dan airnya yang biru jernih. Sungguh anda bakal betah berlama-lama di sini. Temperatur pada Desember berkisar antara 24 – 32 derajat celcius. 

Anse Intendance adalah salah satu spot selancar terbaik kalau anda ingin berselancar. Dikukuhkan juga sebagai salah satu pantai terbaik di dunia memiliki ombak yang liar dan deras menjadi tujuan utama para peselancar profesional untuk menaklukkannya. 

Taman Nasional Morne Seychellois adalah hutan hijau yang indah dengan kekayaan flora faunanya yang beragam.    

 ITALIA 

Desember adalah bulan keriaan natal bagi Italia. Hiasan natal warna warni akan terlihat mulai dari pintu rumah sampai bioskop hingga museum. Anda akan terpukau dengan pohon natal super besar dan lampu warna warni dengan berbagai dekorasinya saat melihat alun-alun kotanya. Desember adalah puncak musim dingin di sini. Siapkan syal, jaket dan baju hangat tebal kalau ingin menghabiskan libur akhir tahun anda di sini. Venice adalah kota dengan tatanan jalan – jalan yang teratur, bersih, rapi dan indah. Nikmati sore atau malam anda bersama pasangan di perahu Gondola yang ikonik menyusuri kanal-kanal di sepanjang Venice yang sendu di bawah sinar bulan. 

Milan adalah kota dengan tata arsitektur terbaik sejak berabad yang lalu. Selain menjadi salah satu kota fashion dunia, kota tua Milan kini adalah salah satu destinasi wisata terbaik  dunia. Milan punya segala apapun yang terbaik untuk ditawarkan kepada turis. Mulai dari makanannya, wine, club-club, hingga warisan budaya yang tercermin dari tata kota dengan jalan – jalannya yang tertata rapi dan cantik dan bangunan-bangunannya yang kokoh dengan arsitektur kuno yang memukau.        

 MADAGASKAR 

Madagaskar adalah negara dengan keberagaman ekologi dan kekayaan flora fauna yang unik. Di sini anda akan menemui spesis yang tidak akan anda jumpai di tempat lain di dunia. Kebalikan dari Italia maka Desember di sini adalah puncak musim panas meski hanya rata-rata 28 derajat celcius saja. Salah satu tempat favourit turis adalah berjalan-jalan di Avenue of the Baobabs dimana anda akan melihat sekelompok pohon yang tumbuh bergerombol secara alami namun unik. Tumbuh secara alami di antara rimbunnya hutan tropis yang lebat, pohon-pohon ini kemudian menjadi terkenal karena keunikannya itu. Destinasi favourit turis lainnya adalah Nosy Be, sebuah pulau kecil dengan pantai tropisnya yang indah.       

 KROASIA 

Setelah perang saudara yang pernah berkecamuk cukup lama di negeri ini, nampaknya Kroasia belum bebenah betul akan destinasi-destinasi wisatanya yang sebenarnya cukup potensial mendatangkan turis.

Negara dengan sejarah panjang ini sebenarnya memiliki alam yang indah dengan pegunungan-pegunungan bersalju yang eksotik. Sebagaimana negara-negara Eropa lainnya, Kroasia memasuki musim dingin pada Desember. Namun anda akan menemukan hal yang unik di saat seperti ini seperti air terjun yang membeku. 

Dubrovnik adalah destinasi yang paling sering dikunjungi turis dan merupakan ‘Mutiara Adriatik’. Apa yang begitu istimewa dari tempat ini? Jalan utamanya Stradun, yang memberikan keteduhan dan kedamaian hati setelah melewati jembatan penghubung dari marmer. Tempat lainnya yang wajib anda kunjungi adalah Taman Nasional MIjet yang bisa anda tempuh dengan kapal ferry. 

Danau Plitvice adalah keajaiban yang dimiliki negeri ini. Bagaimana tidak? Anda akan menyaksikan indahnya air terjun yang berjumlah sekitar 16 yang saling terhubung satu sama lain. Belum termasuk aneka tanaman unik yang tumbuh di sekitarnya.

 VENEZUELA 

Negara tropis ini memiliki pulau-pulau dengan puncak dan daratan basah yang unik juga keragaman hayati yang kaya. Desember adalah bulan dengan cuaca yang sejuk dan menyenangkan dengan udara sepoi-sepoi. Colonia Tovar adalah kawasan pegunungan barat Caracas. Kota sejarah ini dulunya didirikan oleh imigran Jerman pada pertengahan abad 19 yang berasal dari Black Forest. Anda akan jatuh cinta dengan cita rasa makanannya, tradisi yang unik dan seni arsitektur yang terlihat dari bangunan dan tata kotanya.  Kemudian ada Taman Nasional Morrocoy yang unik karena terletak di antara pantai-pantai yaitu pantai Borracho, Pelon, Sombrero, Sal, dan Playuela y Peraza. 

Yang suka berwisata ke pegunungan bisa menjelajahi keunikan ekosistem di Mount Roraima yang memiliki pemandangan yang indah di antara rerimbunan hutan yang lebat.   

 PUERTO RICO

Puerto Rico terkenal akan percampuran budaya Spanyol dan Afrika yang unik sekaligus cantik memukau. Pantai pasir putihnya, hutan hujan dan pulau-pulau kecilnya adalah daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke sini. Cuaca pada Desember di sini cenderung hangat dibanding dengan di negara-negara Eropa lainnya. Negeri dengan sejarah panjang ini menyisakan kota dengan gaya arsitektur tua di San Juan. Dengan banyaknya minat wisatawan berkunjung ke sini akhirnya kota tua dengan peningggalan arsitektur kuno yang unik ini ditata dengan fasilitas modern yang memudahkan turis untuk menikmati kota dengan nyaman dan senang! 

Hutan Nasional El Yunque adalah hutan hujan dengan ragam spesis hewan dan tanaman yang hanya dapat anda lihat di sini dan tidak ada di tempat lain!           
 
 MYANMAR

Negeri di benua Asia ini memiliki alam yang cantik eksotis. Bak batu permata, Myanmar memancarkan keindahan alam yang berpadu dengan atmosfir mistis sejarah dan budaya yang berpadu harmoni. Kuil-kuil kuno dan danau-danaunya yang memiliki pemandangan yang indah adalah alasan negeri ini selalu dikunjungi turis dari berbagai negara. Meski suhu rata-rata sekitar 31 derajat celcius dan tak ada hujan di sepanjang Desember namun cuaca cukup sejuk adem. Datanglah ke Danau Inle dengan pemandangannya yang indah dan anda akan melihat perahu-perahu kayu hilir mudik dari ujung satu ke ujung lainnya. Perahu-perahu kayu ini memang merupakan moda transportasi yang membawa penumpang dari satu daerah ke daerah lainnya. Yangon atau umum dikenal dengan Rangoon adalah kota kebanggaan Myanmar. Merupakan kota terbesar di Myanmar yang memiliki gaya arsitektur yang indah, budaya yang unik cenderung mistis dan cita rasa kuliner yang eksotis.       

 HONDURAS

Terletak di Amerika Tengah, Honduras adalah surga tropis bagi wisatawan yang terpesona dengan pulau-pulaunya yang indah, hutan hujannya yang rimbun dan perbukitannya yang pemandangannya laksana lukisan fresco. Bak sebuah petualangan di surga tersembunyi, anda akan dibawa menjelajahi hutan hujannya dan mendaki bukitnya  lalu langsung seru-seruan di arung jeramnya. 

Bagi penyuka sejarah, anda bisa mengunjungi situs arkeologis reruntuhan Copan. Merupakan Museum of Mayan Sculpture yang menyimpan berbagai artefak kuno dari situs reruntuhan Copan. Berkeliling di tempat ini anda akan bertemu dengan burung dan kupu-kupu yang cantik. 

Satu lagi kebanggaan alam Honduras adalah Lago de Yojoa yaitu danau alami terbesar di Honduras yang merupakan habitat asli bagi spesis burung. Lebih dari 480 spesis hidup di sini termasuk whistling ducks (bebek bersiul), northern jacanas dan crakes.       
 
PORTUGAL

Portugal adalah bangsa penjelajah laut sejak jaman nenek moyangnya.  
Ini adalah sebuah kebanggaan yang besar bagi bangsa ini. Masuk dalam benua Eropa, sepanjang Desember adalah bulan terdingin dengan temperatur berkisar antara 8 hingga 14 derajat celcius. Bom Jesus do Monte adalah suaka reliji terbesar di Portugal yang berlokasi di lereng hutan 6 km timur Braga dengan keragaman ekosistem yang unik. Tavira adalah resort pantai yang patut anda kunjungi saat berada di Portugal. Bersantai di café-nya sambil memandangi pantai yang indah akan membuat liburan Desember anda disini akan sangat berkesan.
 
HAWAII

Pulau cantik di tengah lautan Pasifik ini sungguh adalah karunia alam yang cantik dan sangat unik. Setiap karya seni yang berasal dari pulau ini, apapun medianya, apakah lukisan, seni patung, glassware, perhiasan hingga mangkok kayu koa yang diukir tangan, pasti akan membuatmu dan setiap orang jatuh hati pada keunikan karya seni dari pulau ini. Cuaca cukup hangat di sini sepanjang Desember. Waikiki adalah salah satu tempat terindah di Hawaii, yang mewakili semangat kuno Aloha, merupakan simbol kebaikan dan kearifan lokal. Karenanya pesisir Waikiki menjadi tempat yang tenang dan teduh bagi para turis yang berlibur ke sana. 

Volcanoes National Park adalah taman nasional gunung berapi aktif di Hawaii yang menawarkan keindahan yang menakjubkan sekaligus agung. Anda masih bisa melihat sisa-sisa lava dingin yang tadinya menuruni sisi gunung dan lalu mendingin kemudian mengeras menutupi jalan. 
 
PERANCIS

Mulai dari kota penuh romantika, Paris hingga Dordogne yang pemandangannya bak lukisan fresco, Perancis punya banyak destinasi wisata untuk dijelajahi. Desember adalah puncak musim dingin di sini saat salju mulai bertebaran dimana-mana. Mont Saint-Michel adalah salah satu destinasi top di Perancis dimana bisa dijumpai biara romawi yang menakjubkan, gereja feodal dan benteng bersejarah.  Dan yang pasti menjadi kunjungan wajib bagi para turis mancanegara adalah Menara Eiffel yang arsitektur dan tingginya membuat decak kagum siapa saja. Ratusan hingga ribuan orang datang setiap hari hanya untuk melihat menara ini.    
 
TUNISIA

Memiliki iklim Mediterania, Tunisia berhawa hangat sepanjang tahun dan mild pada bulan-bulan musim dingin. Tunisia memiliki pantai-pantai berpasir putih, bukit pasir Sahara yang luas dan limpahan sinar matahari pada Desember.

Salah satu yang menarik dari Tunisia adalah festivalnya yang telah ada sejak berabad yang lalu dan termasuk festival  tertua di dunia yaitu: The International Festival of Sahara in Douz. Dalam festival  ini terdapat perayaan pertemuan kebudayaan Berber yang berbeda antar Afrika Utara. Festival budaya ini dilakukan di tengah gurun lengkap dengan ‘kendaraan’ gurun unta dimana mereka mempertunjukkan budaya mereka.

Sebagai ibukota Tunisia, Tunis, adalah kota dengan gaya arsitektur yang brilian. The Medina, Zaytuna Mosque, Tourbet el-bey mausoleum, katedral St. Vincent dan Bardo Museum adalah sebagian contohnya. 

Itulah 50 negara yang bisa jadi pertimbangan untuk menghabiskan libur Desember akhir tahun. Mungkin anda punya pilihan sendiri. Mau tahu berapa harga tiket pesawatnya??! Biasanya kalau pesan tiket jauh-jauh hari ada diskon spesial atau tiket bisa lebih murah. Silahkan cek harga tiket pesawat di sini : Tiket Pesawat Murah     

Baca juga : 31 Daftar Larangan dan Denda di Singapura No 1 dan 2 Bikin Langsung Miskin

0 Komentar